itats

Sejarah pendirian:

Sejarah berdirinya ITATS dimulai dari ATS (Akademik Teknik Surabaya) yang didirikan oleh YPTS (Yayasan Pendidikan Teknik Surabaya) pada tanggal 30 Mei 1963. Saat itu ATS menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma 3 (D-3) untuk jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Seiring dengan permintaan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan yang terjadi saat itu, maka YPTS melalui Surat Keputusan No : SKEP/91/YPTS/XII/1983 tanggal 29 Desember 1983, memutuskan Akademi Teknik Surabaya ditingkatkan menjadi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya yang disingkat ITATS yang terdiri 3 Fakultas dengan 5 Departemen yaitu : (i) Fakultas Teknologi Industri, terdiri dari Departemen Teknik Mesin, Teknik Elektro ; (ii) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, terdiri dari : Departemen Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur; (iii) Fakultas Teknologi Kelautan, terdiri dari Departemen Teknik Perkapalan. Sehingga program akademik Strata-1 (S-1) dimulai sejak tahun Akademik 1984/1985. Peningkatan jenjang dari akademi ke institut ini ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK. Mendikbud No. 070/0/1985.

Ijin operasional jurusan terakhir menurut SK Kopertis VII No. 10691/D/T/K-VIII-2012. Penetapan peringkat akreditasi terakhir (B) dengan surat BAN-PT no. 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013.

IMG_20121210_162432

Visi Jurusan Teknik Mesin ITATS:

Menjadi Jurusan unggul di bidang rekayasa, produksi dan energi yang berwawasan lingkungan, diakui masyarakat nasional dan internasional dalam menyelenggarakan pendidikan serta menghasilkan lulusan yang inovatif dalam sains dan teknologi.

Misi Jurusan Teknik Mesin ITATS:

  1. Melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi yang optimal dan berkesinambungan.
  2. Menyelenggarakan riset-riset teknlogi inovatif bertaraf nasional dan internasional yang berbasis manufaktur dan sumber-sumber energi alternatif.
  3. Melaksanakan pendidikan sarjana teknik mesin sesuai standart nasional pendidikan, asosiasi BKSTM serta kebutuhan dunia kerja serta didukung oleh jaminan mutu penyelenggaraan pendidikan.
  4. Menghasilkan lulusan berkualitas, berjiwa kewirausahaan serta menjunjung tinggi rasa kejujuran.
  5. Menyelenggaran pendidikan dengan layanan manajemen dan akademik yang prima.

Tujuan Jurusan Teknik Mesin ITATS:

  1. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi technopreneur Teknik Mesin yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang professional serta mudah beradaptasi sehingga mampu bersaing di pasar kerja dan meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan.
  2. Mengembangkan inovasi penelitian yang berkualitas.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat

Profil ITATS di Forlap Ristekdikti:
Link

Profil jurusan Teknik Mesin ITATS di Forlap Ristekdikti:
Link

Kode Perguruan Tinggi :
072002

Kode Program Studi :
21201

Nomor keanggotaan BKSTM (Badan Kerja Sama Teknik Mesin):
A.2017.04