Ini cerita salah satu mahasiswa jurusan Teknik Mesin ITATS dalam membangun turbin kincir air di suatu desa terpencil di daerah Probolinggo. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dari jurusan Teknik Mesin ITATS dengan dosen pembimbing lapangan Bapak Ali Khomsah, S.T., M.T.

Desa Andungbiru,Kec Tiris,Kab.Probolinggo adalah desa terpencil di kaki gunung Argopuro. Desa ini memiliki potensi sumber daya air yang sangat melimpah namun di desa ini energi listrik masih sangat terbatas. Perjalanan menuju desa ini kurang lebih ditempuh sekitar 5 jam dari kota Surabaya. Akses menuju desa sangatlah buruk kondisinya karena jalanan masih berbatu dan sangatlah licin apabila terjadi hujan. Kami bersama dosen pembimbing melakukan penelitian sekaligus pengabdian masyarakat untuk membuat Turbin Kincir Air “Lang Baling”. Tujuan kegiatan ini adalah menjadikan desa Andungbiru sebagai desa yang mandiri energi listrik dan sebagai desa wisata teknologi ramah lingkungan, sehingga masyarakat desa tersebut dapat sejahtera.

Kami membuat Turbin Kincir Air “Lang Baling” selama kurang lebih 3 minggu. Kami diterima dengan baik oleh salah satu tokoh masyarakat desa Andungbiru, yakni Bapak Rasid. Bapak Rasid adalah aktivis bidang teknologi di bidang turbin air yang telah melakukan penelitian turbin kincir air sejak tahun 1993. Kami sempat menemui hambatan dalam proses pembuatan turbin kincir air karena ternyata daya listrk yang dihasilkan oleh turbin kami tidak memadai untuk menyalakan beberapa lampu saat pengujian besar daya lisrik yang dihasilkan. Kemudian kami melakukan perhitungan ulang dan mengubah komponen transmisi turbin kincir air tersebut. Kami membeli komponen baru untuk mengatasi problem tersebut di kota Probolinggo yang membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari desa Andungbiru.

Alhamdulilah kendala tersebut dapat teratasi dan turbin kincir aor kami dapat mengeluarkan daya listrik sesuai dengan yang kami harapkan. Kami sangat senang dan bahagia, hasil penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa Andungbiru. Semoga desa Andungbiru dapat menjadi desa percontohan mandiri energi dan desa wisata teknologi yang menarik untuk mengisi waktu liburan bagi wisatawan yang ingin belajar tentang teknologi ramah lingkungan, turbin kincir air.

Kami, mahasiswa yang turut serta dalam pembuatan turbin kincir air ini….
1. Andre Ifana Mukti (02.2013.1.08722)
2. Rahmad Adi Kusman (02.2013.1.08589)
3. Irsyad Ghozali (02.2013.1.08674)
4. Abdur Rochim Rizki (02.2013.1.08593)
5. Eris Mahrus Hadi (02.2013.1.08718)

Penulis: Andre Ifana
Editor: Ardi N.

1

6

8

4

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *