TAGS: KurikulumPengajaran

Jurusan Teknik Mesin akan menerapkan kurikulum baru DIKTI mulai semester gasal 2016-2017. Ada cukup banyak perbedaan pada struktur mata kuliah kurikulum baru (kurikulum DIKTI) dibandingkan pada kurikulum lama (kurikulum 2013). Oleh karena itu, perlu adanya penyetaraan mata kuliah dari kurikulum lama ke kurikulum baru, atau dapat disebut ekivalensi.

Tabulasi alih konversi/ekivalensi dari kurikulum lama 2013 ke kurikulum baru DIKTI dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Ekivalensi ke Kurikulum DIKTI

Mata kuliah-mata kuliah terdaftar setelah urutan mata kuliah “Skripsi” adalah mata kuliah-mata kuliah pilihan. Sedangkan mata kuliah terdaftar sebelum urutan mata kuliah “Skripsi” adalah mata kuliah-mata kuliah wajib.

Tanda mata kuliah yang saling disetarakan dapat dilihat pada kolom “Konversi Index” Kurikulum 2013 dan kolom “Index” Kurikulum DIKTI. Jika nomor pada kedua kolom tersebut sama, maka mata kuliah yang bersangkutan saling disetarakan. Kasus khusus, mata kuliah “Sistem Manufaktur (MK Pilihan 1)” dan “Perenc. dan Pengend. Produksi (MK Pilihan 3)” kurikulum 2013 diekivalensi menjadi mata kuliah “Manajemen Operasional Produksi” kurikulum DIKTI.

Mata kuliah wajib kurikulum lama 2013 yang menjadi mata kuliah pilihan kurikulum baru DIKTI, “Pesawat Angkat”, “Proses Pembentukan”, dan “Computational Fluid Dynamics”. Mata kuliah pilihan kurikulum lama 2013 yang menjadi mata kuliah wajib kurikulum baru DIKTI, “Manajemen Operasional Produksi”, “Teknik Pengecoran”, dan “Perlakuan Panas”.

Mahasiswa yang akan wisuda di bulan Nopember 2016 tidak akan mengalami ekivalensi kurikulum baru DIKTI. Mahasiswa transfer dan mahasiswa angkatan 2012 ke atas, akan mendapat tambahan ketentuan ekivalensi, “Teknik Pengecoran” dapat dikonversi dari “Proses Manufaktur 1”, “Perlakuan Panas” dapat dikonversi dari “Metalurgi”, dan “Manajemen Operasional Produksi” dapat dikonversi dari “Pengantar Manajemen”.

Standard Operational Procedures ekivalensi kurikulum dapat diakses dengan link laman website berikut.

http://me.itats.ac.id/sop-ekivalensi-kurikulum/

Update terus pengumuman jurusan terkait ekivalensi kurikulum ini. Penjelasan lebih lanjut terkait proses ekivalensi akan diberikan oleh dosen ekivalensi/wali saat perwalian.

 

Ardi Noerpamoengkas is a member of mechanical engineering department faculty. His research fields are mechanical vibrations and modeling of dynamic systems. He is an administrator on this official department website.